-->

Settings Posts Feature

Apa Saja Komponen Las Argon Dan Peralatan Kerja Welder?

Apa Saja Komponen Las Argon Dan Peralatan Kerja Welder?

Nursahid

Istilah untuk jenis pengelasan argon dalam lingkup pekerja proyek konstruksi dan piping sering kali bervariasi. Beberapa orang merujuknya sebagai las GTAW, sementara yang lain menyebutnya sebagai las TIG.

Sebenarnya, kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, dan dalam kebanyakan situasi, kita lebih suka menggunakan istilah "Las Argon", yang lebih familier di telinga masyarakat Indonesia.

Pada artikel lainnya telah dijelaskan mengenai "Pengertian dan Proses Pengelasan Argon," maka kali ini akan dibahas mengenai komponen-komponen yang diperlukan dalam pengelasan argon.

Selain itu juga akan dijelaskan mengenai peralatan yang digunakan oleh para pekerja pengelas argon. Mari ikuti penjelasannya. Ada baiknya baca juga pengetahuan menarik ini: Panduan las argon untuk welder pemula. Lengkap! 

Komponen-komponen Las Argon

komponen-peralatan-las-argon

Gambar rangkaian komponen-komponen untuk pengelasan Argon

Bila Anda bekerja di proyek piping tentunya tidak asing dengan jenis pengelasan argon, meskipun terkadang ada juga beberapa diantara kita yang kurang memahaminya.

Pengelasan argon bisa dilakukan dengan sempurna manakala semua komponen dirangkai dengan benar. Kekurangan salah satu diantara komponen tersebut tentu bisa berakibat gagalnya pengelasan.

Bila Anda ingin menekuni ilmu pengelasan di bidang piping, Anda bisa memulai dengan belajar mengenal beberapa peralatannya termasuk rangkaian komponen dari las argon ini.

Rekomendasi: Begini cara menjadi Welder di bidang piping.

Berikut, alat-alat dan komponen-komponen yang digunakan untuk pekerjaan pengelasan menggunakan las argon:

1. Mesin las AC/DC

Merupakan mesin las pembangkit yang digunakan dalam pengelasan menggunakan las argon. Pemilihan arus AC atau DC biasanya tergantung pada jenis logam yang akan dilas.

2. Tabung gas

Tabung yang digunakan tempat penyimpanan gas lindung seperti argon dan helium yang digunakan dalam pengelasan.

3. Regulator Dan Flowmeter

Pengatur tekanan gas yang digunakan dalam pengelasan. Regulator berfungsi untuk menunjukkan tekanan / pressure gas di dalam tabung. Sedangkan Flowmeter difungsikan untuk menunjukkan besarnya aliran gas lindung yang dipakai.

4. Selang Gas

Selang gas berfungsi sebagai penghubung aliran gas dari tabung menuju stang las.

5. Kabel Masa

Kabel masa disebut juga kabel elektroda yang berfungsi untuk penghantar arus ke benda kerja. Penempatan kabel masa berada pada kutup positif (+), berbeda dengan las SMAW. Tapi dalam keadaan tertentu kadang juga dibalik.

6. Cable Adapter (connecting)

Connecting digunakan untuk mengikat atau menghubungkan antara kabel las dan selang gas menuju stang las.

7. Stang las (welding torch)

Berfungsi untuk menyatukan sistem las yang berupa penyalaan busur dan penyaluran gas lindung selama dilakukan proses pengelasan.

8. Elektroda Tungsten

Berfungsi sebagai pembangkit busur nyala selama dilakukan pengelasan. Elektroda ini tidak berfungsi sebagai bahan tambah, berbeda dengan pengelasan pada umumnya, misalnya: Las SMAW.

9. Kawat Las

Berfungsi sebagai bahan tambah. Penambahan kawat las dilakukan ketika bahan dasar yang dipanasi dengan busur tungsten sudah mendekati cair.

Baca juga: Jenis kawat las argon berbagai logam dan fungsinya

Itulah serangkaian komponen utama yang digunakan untuk las argo. Jika dibutuhkan untuk jenis pengelasan tertentu kadang ditambahkan peralatan lainnya, seperti: sistem pendingin, rheostat dan pengatur waktu busur.

Artikel menarik lainnya:

Peralatan Kerja Welder Argon

peralatan-kerja-welder-argon

Alat perlengkapan yang digunakan welder SMAW biasanya hanya kap las, sarung tangan kulit, cipping dan beberapa peralatan pribadi. Tapi untuk welder argon, terutama untuk pengelasan di proyek piping lebih lengkap lagi, berikut dafta peralatannya:

  1. Kap las
  2. Kaca kap las
  3. Apron, pelindung dada dan tangan
  4. Sarung tangan khusus argon
  5. Gerinda
  6. Kabel power
  7. Chipping, semacam palu kecil yang ujung satu bentuk gepeng dan ujung lain bentuk kerucut.
  8. Wire brush, sikat kawat untuk membersihkan las-lasan dan sekitarnya.
  9. Lampu senter kecil, untuk mengamati bagian dalam pipa.
  10. Masker khusus

Nah itulah ulasan mengenai komponen-komponen las argon dan peralatan kerja welder argon. Jika Anda ingin terjun di bidang pengelasan atau belajar ilmu piping, hal-hal seperti ini juga harus dipahami karena welder argon dan piping selalu saling berkaitan. Terima kasih sudah baca artikelnya, simak juga informasi menarik lainnya di sini.


Diupdate: 2023

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts